Selasa, 30 Juni 2015

budaya ,makanan dan ciri khas kota sidoarjo

BUDAYA

budaya sidoarjo yang masih dikenal sampai saat ini yaitu:

1. sidoarjo terkenal dengan tradisi lelang bandeng. Tadisi ini dillakukan setiap musim panen ikan bandeng dan bertujuan untuk meningkatkan ataupun menyejahterakan warga lewat hasil panen bandeng mereka.
 Bandeng yang dilelang  dinamakan bandeng  kawakan yang dipelihara khusus antara 5 – 10 tahun dan mencapai berat  7 Kg  sampai 10 Kg per ekor..
2 kemudian tradisi nyadran,tradisi yang dilakukan saat bulan purnama ini merupakan wujud rasa syukur para nelayan pencari kupang di desa balong dowo kecamatan candi.  Bentuk kegiatan Nyadran berupa pesta peragaan cara mengambil kupang di tengah laut selat Madura..
kegiatan ini dilakukan pada tengah malam.
Perjalanan dimulai dari Balongdowo Kec, Candi menempuh jarak 12 Km. Menuju dusun Kepetingan Ds. Sawohan Kec. Buduran. Perjalanan ini melewati sungai desa Balongdowo, Klurak kali pecabean, Kedung peluk dan Kepetingan ( Sawohan ).
saat menjelang pagi pararombongan menuju makam dewi sekardadu Sambil menunggu fajar tiba, peserta nyadran tersebut berziarah, bersedekah, dan berdoa di makam tersebut agar berkah terus mengalir. Setelah menju makam dewi sekardadu mereka menuju selat madura kemudian kembali meuju desa balongdowo.

 MAKANAN
berikut ini merupakan makanan dari sidoarjo:
1. Lontong Kupang
seperti yang telah dijelaskn bahwa Sidoarjo merupakan penghasil kupang maka dihasilkan makanan khas yaiitu lontong kupang. makanan ini terdiri dari kupang, lontong serta lento. lento merupakan makanan sejenis perkedel tetapi terbuat dari kacang merah ataupun irisan singkong yang sudah kering, kemudian diberi buumbu petis serta bawang putih dan cabai (bagi yang suka pedas). Kemudian bisa juga ditambahkan jeruk nipis.
2  Bandeng Asap
salah satu produk olahan bandeng di Sidoarjo yaitu bandeng asap, olahan ini merupakan salah satu primadona di sidoarjo. Banyak toko oleh oleh yang menjual bandeng asap dan sangat cocok untuk lauk disaat makan siang ataupun makan malam. 

CIRI KHAS
Selain sebutan sebagai kota penghasil bandeng, Sidoarjo juga terkenal sebagai kota lumpur. kaejadian ini terjadi saat akhir tahun 2006 sampai sekarang.

Sekian terima kasih.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar